10 Desember 2008

Kapan Kurban ?

Idul adha ! apa yang terlintas di benak anda ketika kata ini dilontarkan? Beberapa atau mungkin sebagian besar dari kita menjawab bahwa Idul Adha adalah hari raya kurban, saatnya untuk bisa menikmati daging domba, sapi atau kambing.

Tapi, pernahkah terpikir oleh anda kapan anda akan berkurban ?




Kurban merupakan ibadah sunnah muakad. Dan dilaksanakan oleh yang mampu saja, mungkin inilah sebagian besar alasan dari kita kenapa sampai saat ini belum melaksanakan kurban. Kita merasa pendapatan kita jauh dari cukup sehingga tidak bisa menyisihkan sebagian rezeki kita untuk itu.

Kurban memang perlu pengorbanan, karena nominal yang dikeluarkan cukup besar untuk domba atau kambing saja sekitar 1 jutaan. Akan tetapi jika tekad telah kuat hal ini tidaklah menjadi masalah. Seperti halnya seorang pedagang jamu gendong ini. Setiap hari beliau menyisihkan Rp.1000 rupiah dari penghasilannya. Beliau menyimpannya di sebuah BPR. Hari berlalu taun pun berganti. Sampailah tabungan si ibu pedagang jamu gendong tersebut ke angka RP.750.000,-

Si ibu pun mengambil seluruh tabungannya, dan apa yang dia lakukan ? dia membeli kambing dan berkurban dengan uang yang dia kumpulkan 1000 per hari tersebut! Ya meski kurban hanya untuk yang mampu tetapi apabila azzam kita kuat pasti akan ada cara.

Kapan anda berkurban ?


0 komentar: