10 Januari 2010

Whiplash

Whiplash adalah istilah nonmedis yang digunakan untuk menggambarkan sakit di leher yang disertai dengan cedera pada jaringan di leher (terutama ligament, tendon dan otot). Hal ini disebabkan karena gerakan yang abnormal atau tekanan pada leher yang menyebabkan pergerakan leher tidak normal.

Istilah whiplash pertama kali digunakan pada tahun 1928. Sinonim atau nama lain dari whiplash : neck strain, acceleration flexion-extension neck injury, soft tissue cervical hyperextension injury, cervical sprain, cervical strain, hyperextension injury

Mekanisme pasti dari whiplash tidak diketahui. Whiplash terjadi pada kecelakaan kendaraan, olahraga, dan jatuh. Penyebab paling sering dari whiplash adalah kecelakaan mobil. Di inggris klaim untuk whiplash mencapai 430,000 orang pada 2007 (75% dari klaim asuransi mobil).




Symptom
Symptom dari whiplash bisa terjadi segera atau beberapa menit sampai jam setelah cedera awal. Segera setelah cedera symptom berlanjut ke arah kerusakan yang serius. Sakit pada leher, bengkak, empuk sepanjang belakang leher, kejang otot, sakit kepala, dan sakit yang menjalar ke bahu maupun tangan.
4 tingkatan whiplash menurut Quebec Task Force (QTF) :
Grade 0 : tidak ada sakit, kekakuan, atau tanda fisik lain yang disebutkan
Grade 1 : keluhan sakit pada leher, kekakuan
Grade 2 : keluhan sakit pada leher, adanya penurunan ROM
Grade 3 : keluhan sakit pada leher dan gejala neurologis contohnya penurunan reflex tendon
Grade 4 : keluhan sakit pada leher dan fraktur atau dislokasi atau cedera pada spinal cord


Treatment
Untuk perawatan sendiri di rumah, untuk mengurangi sakit dan meminimilisir inflamsi dapat menggunakan es pada bagian yang sakit selama 20 menit setiap jam pada 24 jam pertama. Gunakan handuk supaya es tidak langsug menyentuh kulit. Terapi ini bisa dihentikan sampai rasa sakit hilang.
Berikut adalah beberapa perlakuan yang direkomendasikan oleh dokter :
- Pemijatan
- Neck rest
- Bed rest
- Ice therapy
- Heat therapy
- Tablet penghilang sakit
- Immobilisasi dengan menggunakan soft cervical collar
- Latihan range of motion yang dikombinasikan dengan heat therapy


0 komentar: