16 November 2008

Pemikiran Meta-

Pernahkan anda merasa gagal, takut, malu, buruk, depresi, frustasi ? Emosi atau pikiran adalah nyata. Ketika memikirkannya, tanpa disadari kita membangun ‘hiu raksasa’ bagi otak-suatu kebiasaan raksasa yang begitu besar sehingga kebiasaan buruk yang besar tampak seperti kebiasaan buruk yang kecil. Ia adalah raja kebiasaan, memakan semua kebiasaan buruk yang besar di dalam kepala kita. Sebagai raja kebiasaan ia dikenal sebagai Pikiran Meta dan di dalam keadaan ini ia adalah Pemikiran Meta Negatif.


Semua kebiasaan termasuk Kebiasaan Buruk yang Besar dan Kebiasaan Pemikiran Meta Negatif bukan hanya nyata, tetapi juga hidup! Seperti segala sesuatu yang hidup, pemikiran-pemikiran itu akan berjuang untuk bertahan dan tumbuh. Otak kita dihuni oleh jutaan mahluk hidup yang masing-masing berjuang untuk bertahan hidup dan berusaha menjalin kerjasama dengan teman sejenisnya. Anda membutuhkan mahluk yang berjenis positif untuk mendominasi dunia internal kita. Anda perlu pemikiran positif yang jika terus diulangi akan menguatkan Kebiasaan Baik yang Baru. Pengulangan rumusan yang tepat ini harus membangun Kebiasaan Baik yang Baru sampai ia mencapai suatu masa kritis yang memungkinkannya untuk menjadi kebiasaan yang dominan.

Untuk membangun Pemikiran Meta Positif anda harus menetapkan tujuan yang ingin dicapai seutuhnya positif, akurat, dan mengarahkan anda pada hasil positif yang diinginkan. Para “pemikir positif” dengan niat baik yang berfokus pada apa yang tidak diinginkan sebenarnya adalah “pemikir negatif” yang bisa menjadi lebih negatif karena berusaha untuk menjadi positif. Hal ini akan menimbulkan kebingungan, frustasi, dan kekecewaan. Usaha untuk menghentikan kegiatan negatif hanya cenderung meningkatkannya.

Pikiran-pikiran di dalam Pemikiran Meta-Positif harus menarik bagi otak kita. Kata ‘menarik’ itu sendiri sudah menjelaskan mengapa-jika pikiran-pikiran ini menarik, maka otak kita akan tertarik kepada mereka. Pikiran-pikiran yang tidak menyenangkan akan menbuat otak kita menjauh, menciptakan ketegangan, dan stress yang tidak perlu di dalam tubuh.

Sebuah Pemikiran Meta-Positif yang baik juga harus memberi dorongan dan proaktif. Pemikiran mengharap adalah sekedar memikirkan tentang keinginan anda, ini tidak memberi motif, tidak mengarahkan dan dengan mengulanginya di dalam otak maka semakin besar probabilitas untuk berharap lagi. Semakin kecil probabilitas untuk melakukan sesuatu demi keinginan itu, semakin besarlah anda menajdi frustasi dan kehilangan visi.

Pemikiran Meta-Positif harus melibatkan konsep aksi atau tindakan yang bisa diukur, dan mendorong otak untuk berada di dalam proses. Pemikiran Meta-Positif harus terikat di masa kini, berkomitmen pada kebenaran, mendorong ke arah tujuan positif dan terus mengarahkan diri ke arah proses.

Kebiasaan Pemikiran Meta-Positif adalah seperti tambang emas ajaib. Semakin banyak anda menambangnya, semakin banyak emas yang dikandugnya! Riset menunjukkan bahwa kerangka piker positif sudah menghasilkan system imunitas yang lebih kuat dan tubuh yang umumnya lebih sehat; mereka juga memperpanjang masa hidup anda.

0 komentar: