9 Februari 2009

Anjing dan belalang

Download Klik DI SINI

Di suatu hutan, hiduplah seekor belalang muda yang cerdik. Blalang muda ini memiliki kemampuan melompat lebih tinggi daripada belalang lainnya. Kemampuan melompatnya itu sangat di banggakan. Sehari-hari, belalang tersebut melompat dari atas tanah ke dahan-dahan pohn yang tinggi, kemudian memakan daundaunan yang ada di pohon itu. Pada suatu waktu, ketika ia sedang asyik menyantap dedaunan di pohon di dahan yang paling tinggi, belalang itu melihat sebuah desa yang tampak indah dan sejuk. Begitu takjubnya hingga dia berharap agar suatu saat dapat pergi ke desa itu.
Saat yang dinantikan itu pun tiba. Teman setianya, seekor burung merpati mengajaknya untuk terbang dan pergi ke desa tersebut. Dengan semangat yang meluap-luap kedua binatang itu pergi bersama. Setelah sampai dan mendarat mereka mulai berjalan-jalan melihat keindahan desa itu. Akhirnya mereka sampai disebuah taman berpagar tinggi yang indah.

Di pintu masuk taman itu, seekor anjing jantan tampak siaga. Lalu belalang pun bertanya kepada anjing tersebut tentang keberadaannya, “ siapakah kamu dan apa yang kamu lakukan di sini ?”



“Aku adalah anjing penjaga taman ini. Aku dipilih oleh majikanku karena aku adalah anjing terbaik di desa ini,” jawab anjing dengan sombongnya.

Mendengar perkataan si anjing, panaslah hati belalang muda. Dia lalu berkata lagi, “Hmm, tidak semua binatang bisa kau kalahkan. Aku menantangmu untuk membuktikan bahwa aku bisa mengalahkanmu. Aku menantangmu untuk bertanding melompat,siapakah yang paling tinggi diantara kalian.”

“Baik” jawab si anjing. ‘ di depan sana ada pagar yang tinggi. Mari kita bertanding, siapakah yang bisa melompati pagar tersebut.” Kata si anjing.

Lalu keduanya bersama-sama menuju ke pagar itu. Kesempatan pertama adalah si anjing. Setelah mengambil ancang-ancang, melompat dan berhasil melompati pagar setinggi orang dewasa tersebut. Kesempatan berikutnya adalah si belalang muda. Dengan sekuat tenaga belalang tersebut melompat. Namun ternyata kekuatan lompatannya hanya mencapai tiga perempat tinggi pagar tersebut. Meski terus mencoba ia tetap jatuh ke tempat semula.
Si anjing lalu menghampiri belalang sambil tertawa “nah belalang apa yang mau kamu katakan sekarang? Kamu kalah.” “belum” jawab si belalang sengit. “tantangan pertama kamu yang menentukan. Beranikah kamu jika saya yang menentukan tantangan kedua.” “apapun tantangannya aku siap!” tukas si anjing.

“tantangan kedua ini sederhana saja. Kita berlomba melompat di tempat. Pemenangnya bukan diukur dari seberapa dia mlompat, tetapi diukur dari lompatan yang ia lompatan yang dilakukan tersebut berapa kali tubuhnya.” Jelas si belalang.
Anjing kembali mendapat kesempatan pertama. Dari hasil lompatannya, dia berhasil melompat setinggi empat kali tinggi tubuhnya. Berikutnya adalah giliran si belalang. Lompatan belalang hanya setinggi setengah dari lompatan anjing, namun ternyata ketinggian lompatannya ternyata setara dengan empat puluh kali tinggi tubuhnnya. Alhasil belalang pun menjadi pemenang untuk lomba kedua.

Si anjing pun menghampiri belalang dengan rasa kagum. “hebat! Kamu menjadi pemenang untuk perlombaan kedua ini. Tetapi score kita sama. jadi, kita harus mengadakan lomba ketiga,” kata si anjing.

“Tidak perlu! Karena pada dasarnya pemenang dari setiap perlombaan yang kita adakan adalah mereka yang menentukan standar perlombaannya. Pada saat lomba pertama kamu yang menetukan standar perlombaanya dan kamu yang menang. Demikian pula lomba yang kedua. Pada hakikatnya adalah baik kamu maupun saya memiliki standar untuk berhasil yang berbeda-beda. Masalahnya kita sadar atau tidak, bahwa kita memiliki potensi untuk melakukan yang terbaik,” jelas si belalang.

Setiap manusia dikaruniakan oleh Sang Pencipta kemampuan untuk menghasilkan yang terbaik bagi ligkungannya. Dengan kata lain, dalam setiap diri manusia mempunyai benih-benih untuk sukses ini, jika selanjutnya direnungkan, disadari, dan dijalankan dengan baik, maka akan melahirkan standar-standar kehidupan yang dapat diukur serta dicapai dengan baik pula.

Untuk mencapai tujuan-tujuan hidup yang lebih baik, setiap individu seharusnya menetapkan standar-standar yang disesuaikan dengan kondisi dirinya sendiri. Masalahnay sekarang banyak diantara kita lebih senang menggunakan standar keberhasilan atau kegagalan orang lain untuk diterapkan pada dirinya. Hal ini sangat berbahaya, karena perlahan-lahan mereka yang menggunakan standar orang lain akan kehilangan jati diri dan ketidakmampuan membangun kepercayaan diri untuk maju. Lain halnya jika berada dan terikat dalam lingkungan organisasi (perusahaan) yang sudah tentu ada aturan dan nilai-nilai perusahaan sebagai standar perilaku di dalamnya.
Ketika tiap orang menyadari potensi dan pribadinya yang unik seta mampu menetapkan standar bagi dirinya sendiri, maka dia akan disibukkan denga pencapaian cita-cita yang sudah ditetapkan. Hampir tidak ada waktu untuk sibuk mengurusi orang lain dan bergosip, karena dia sendiri perlu terus melakukan peningkatan kualitas sendiri. Sedangkan implementasi pencapaian cita-cita tidak akan terlaksana dengan baik jika dia tidak melibatkan orang lain sebagai suatu mitra.

Selamat menetapkan standar pribadi untuk kemajuan masyarakat, bangsa, dn Negara. Dengan menetapkan standar kehidupan akan membuat hidup terasa lebih hidup.

Dari : Setengah Isi Setengah Kosong- Parlindungan Marpaung




0 komentar: