20 Februari 2009

Syukuri setiap anugrah

From : Bagus Sahroni (bandung)

“LIFE ends when you stop dreaming. HOPE is lost when you stop believing. And LOVE fails when you stop caring” (My Pops)

Kontemplasi diartikan sebagai “suatu perenungan, waktu untuk mengingat-ingat kembali apa yang sudah kita lakukan”. Menurut Wikipedia, kontemplasi (bahasa Latin: templum) berarti : “memisahkan diri dari suatu lingkungan dan berdiam di suatu wilayah”.

DALAM pengertian keagamaan, kontemplasi merupakan: “salah satu cara untuk berdoa atau bermeditasi.” Menurut Plato, “contemplation the soul may ascend to knowledge of the form of good or other divine forms”(Kontemplasi merupakan suatu cara untuk mencapai kebaikan).



Salah satu cara sederhana dan murah untuk berkontemplasi adalah selalu mensyukuri setiap anugrah yang sudah kita terima. Beberapa tips berikut yang bisa kita pergunakan:

1. Kemampuan MENDENGARKAN (the gift of listening): Siapkan telinga kita untuk selalu mendengarkan curahan hati rekan kerja dan atau bawahan. Lebih banyak mendengarkan dan kurangi bicara.

2. Kemampuan MEMBERIKAN KASIH SAYANG (the gift of affection): Dengan memberikan perhatian secara tulus kepada bawahan misalnya dengan menepuk punggung bawahan atau memperhatikan hal-hal kecil yang selama ini luput dari perhatian kita.

3. Kemampuan TERTAWA (the gift of laughter): dengan selalu untuk mau berbagi kegembiraan bersama para rekan kerja dan atau bawahan.

4. Kemampuan MEMBUAT CATATAN TERTULIS (the gift of a written note): dengan tidak lupa memberikan kepada para rekan kerja atau bawahan, sebuah catatan sederhana namun memberikan dampak yang luar biasa. Sebuah ucapan atau catatan sederhana seperti “ucapan terima kasih karena bantuan yang telah diberikan” akan sangat berarti dan terus diingat, bahkan mungkin ucapan atau catatan tersebut akan mengubah hidup setiap orang yang menerimanya.

5. Kemampuan MEMBERIKAN SEBUAH PUJIAN (the gift of a compliment) dengan memberikan pujian yang tulus secara spontan setiap saat pada setiap kesempatan yang memungkinkan. It really can make someone’s day become brighter!

6. Kemampuan BERMURAH HATI (the gift of a favor) dengan selalu melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain, siapapun mereka.

7. Kemampuan MENIKMATI KESENDIRIAN (the gift of solitude): Dengan meluangkan waktu untuk merenung. There are times when we want nothing better than to be left alone!

8. Kemampuan BERGEMBIRA (the gift of a cheerful disposition): Dengan berbagi kecerian yang kita alami hari itu kepada rekan kerja.


Tidak terlalu sulit bukan? Oleh karena itu dengan melakukan perenungan atau kontemplasi pribadi, sebagai pemimpin kita siap menghadapi segala sesuatu pada tahun 2009. Selalu optimis dan penuh harapan akan meringankan langkah kita menghadapi tahun yang baru. Pablo Neruda mengatakan, “Action is the mother of hope”. Perubahan tidak akan berhasil jika tidak disertai dengan tindakan nyata. AllahuAkbar!!


0 komentar: