21 Maret 2009

Always be A Winner with “A-B-C-D-E”

Penulis: Bagus Sahroni

"Lebih dari apapun, SIKAP kita diawal suatu tugas yang akan mempengaruhi hasil akhir.”

(John C. Maxwell)

Beberapa pekan lalu sebuah harian pagi di Bandung memuat berita, saat ini kondisi perekonomian di Bandung khususnya dan Indonesia umumnya menurun cukup drastis. Pusat perbelanjaan atau tempat-tempat yang biasa terjadi perputaran uang secara cepat kini sepi. Disana terjadi penurunan pendapatan hingga 50-60%.

BAGI para pemimpin perusahaan, berita ini sangat penting diperhatikan dan dicermati. Mereka berlomba-lomba serta berupaya agar tidak ikut terlibas. Bagaimana cara efektif untuk melakukan tindakan preventif dan kuratif?



Satu hal penting untuk disadari adalah dalam segala situasi apapun semangat untuk tetap maju harus selalu ada. Sebaik apapun masa lalu, tidak ada satu orang yang dapat mundur dan kembali ke belakang. Waktu yang terus berjalan, membuat kita suka atau tidak suka, siap atau tidak siap, akan selalu maju.

Langkah selanjutnya, jangan berhenti hanya sampai pada semangat untuk maju. Mulailah menentukan langkah-langkah untuk maju. Sebuah kalimat bijak mengatakan, kehidupan hanya sebuah rangkaian dari keputusan-keputusan yang kita tentukan (”to decide and decision).

Charles R. Swindoll dalam bukunya ”Living Above the Level of Mediocrity”, mengajarkan langkah-langkah yang harus diambil dan dilakukan agar kita tidak hanya berpuas diri berada pada tingkat ”rata-rata”, tetapi justru berupaya sampai kepada tingkat ”atas”. Sebuah akronim – ABCDE - yang dibuat olehnya akan membantu kita, yaitu:

Attitude. Miliki dan pergunakan sikap positif. “Satu-satunya investasi yang tidak akan pernah gagal ataupun merugi adalah investasi Sikap yang positif” (Henry David Thorneau)

”Bila Anda inginkan kemakmuran 1 tahun, tanamlah gandum. Bila Anda inginkan kemakmuran 10 tahun, tanamlah pohon. Tetapi bila Anda inginkan kemakmuran 100 tahun, tanamlah manusia.”

-Pepatah Cina

Belief. Miliki keyakinan dan jangan cepat putus asa. Menyerah adalah solusi permanen untuk masalah sementara. Masih ingat dengan artikel kami (Managers’Scope Mei 2007), mengenai ”Keajaiban Pikiran” Seorang pemimpin, hendaknya memiliki keyakinan Sang Maha Kuasa telah memberikan sumber kesuksesan di dalam kemampuan berpikir. Isilah terus pikiran dengan hal-hal yang baik dan benar dan pergunakanlah untuk hal-hal yang positif dan membangun.”Ketahuilah Anda sendiri adalah keajaiban. Percayalah Anda dapat membuat keajaiban dengan berpikir, berdoa, bekerja, dan membantu orang.” (Norman Vincent Peale)

Capacity. Terus tingkatkan kapasitas diri Anda dan jangan cepat berpuas diri. Lakukan self development dan self improvement. Matthew E. May dalam bukunya ”The Elegant Solution” (Simon & Schuster, 2007) mengatakan, untuk dapat terus berinovasi dengan cara melihat apa yang sedang terjadi di lapangan, kita semua memerlukan peningkatan kemampuan kapasitas di semua hal.

Determination. Tetaplah bertekun dalam menghadapi segala sesuatu. ”Sukses bergantung kepada kelenjar-kelenjar keringat.” (Zig Ziglar)

Enthusiasm. Jadikan antusiasme sebagai sikap yang melekat kuat dalam diri Anda. ”Kualitas perusahaan tercermin melalui kegairahan setiap pemeran. Sekalipun perannya bisa berlainan, tapi setiap pemeran haruslah melaksanakan perannya secara bertanggung-jawab.” (Kazuo Inamori).

Terakhir, jangan sampai kita alih-alih ingin meraih posisi nomor satu, tetapi justru malah menghancurkan atau kehilangan rekan dan lingkungan kerja kita. Team work masih tetap dan InsyaAllah akan selalu berlaku, apalagi menghadapi era persaingan global dan pasar bebas sumber daya manusia ASEAN, mulai 1 Januari 2010.



1 komentar:

Anonim mengatakan...

wan