15 Oktober 2008

Mind Management

Ada 3 komponen yang sangat penting dalam membicarakan mind management . Pertama apa yang disebut Thinking Process atau Proses Berpikir, kemudian Feeling Process, Proses Perasaan dan Action Process atau Proses Tindakan.

Dalam hal Thinking Process akan kita perkenalkan dengan berpikir 3 dimensi yaitu bagaimana kita berpikir yang pertama secara berpikir secara vertical adalah kita menjadikan diri kita berada pada posisi tertentu. Berpikir vertical atau berpikir secara spiritual memberikan kita satu confidence ‘kepercayaan diri’ untuk menyelesaikan berbagaia macam persoalan, besar maupun kecil. Kemudian yang kedua cara berpikir longitudinal atau disebut juga berpikir secara historis . maksudnya kita berada pada waktu saat ‘now´ present, tapi jangan lupa bahwa kita hidup dalam tiga waktu yang pertama adalah future, past dan present. Ketika anda berada pada present time maka anda harus melihat ke belakang, marilah melihat kegagalan masa lalu sebagai suatu pelajaran. Kemudian melihat ke depan future untuk melakukan perencanaan. Kemudian yang ketiga berpikir secara lateral ke samping atau berpikir secara social artinya menularkan kebaikan, keberhasilan kepada yang terdekat dengan kita.



Proses berpikir yang baik harus melihat spiritualnya kemudian historialnya lalu sosialnya. Kemudian komponen yang kedua di dalm tubuh manusia tidak hanya sekedar proses berpikir tapi juga proses merasakan. Ada feeling , ada perasaan bahkan lebih tajam dari pikiran, apa yang disebut intuisi. Intuisi adalah sesuatu yang spontanitas, tidak pernah anda pikirkan sebelumnya.

Bagaimana kita menata atau mengelola perasaan ini, kalau tadi sudah proses berpikir maka sekarang adalah proses perasaan. Yang pertama dibutuhkan honesty ‘kejujuran’. Karena kejujuran ini akan membawa pada satu kenyamanan dan ketenangan. Kemudian yang kedua untuk menguatkan perasaan perlu empati. Empati bisa didefinisikan think what they think, feel what they feel and act as you want them to act ‘berpikir seperti apa yang mereka pikirkan, merasakan apa yang mereka rasakan, bertindak seperti yang mereka inginkan kita bertindak’. Yang ketiga dalam proses perasaan perlu adanya sincerity ‘ketulusan’

Dalam rangka melatih perasaan, maka perlu apa yang disebut dengan filling fitness ‘kesegaran perasaan. Filling process dibangun lewat latihan ekspresi. Ekspresikan diri anda semaksimal mungkin, se-powerfull mungkin. Kemudian yang terakhir adalah bagaimana kita mengelola Action kita, gerakan-gerakan kita. Ada 3 hal yang akan dibahas, pertama marilah kita mengatur pernafasan kita. Yang membuat kita menjadi segar, lebih energik adalah pasokan oksigen. Yang kedua membiasakan diri untuk berjalan lebih cepat dari biasa, move faster . yang terakhir take a first rapid step ‘selalu berusaha mengambil langkah pertama dengan segera’. Untuk hal-hal yang sifatnya kebaikan janganlah anda berpikir seribu kali, langsung ambil keputusan.
From : Life Excellence-Reza M Syarief

0 komentar: