15 Januari 2009

raker

Tahun baru! Spirit baru ! resolusi baru! Ya itulah biasanya yang banyak dilakukan orang di setiap awal tahun pun dengan perusahaan. Minggu awal januari dipenui dengan banyak persiapan untuk rakernas. Mempersiapkan segala hal dari konsep hingga teknis pelaksanaannya. Kami memang bukan berada di perusahan yang besar tetapi kami optimis bisa besar!

Tahun sebelumnya, di multinational company annual meeting dilakukan di hotel mewah dan begitulah tradisinya namun saya di sana hanyalah sebagai peserta. Kini meski raker diselenggarakan di HO, tetapi sayalah perancangnya, ikut terlibat dalam penyusunan agendanya.




Kami mempunyai 3 team marketer. Untuk tahun 2008 produk yang menjadi responsible saya di pasarkan oleh 2 team. Namun mengingat hal ini menyebabkan kedua team tersebut tidak focus, maka tahun 2009 saya alihkan hanya ke satu team. Sehingga tidak ada alasan lagi ! tidak bisa lagi setengah hati. Ada plus minusnya memang, tetapi semua telah dipertimbangkan. Share penjualan team yang kemudian berbahagia mendapatkan tanggung jawab penuh atas produk saya masih belum terlalu besar, makanya untuk raker pun hanya di selenggarakan di HO. Sedangkan untuk team yang satunya lagi dilakukan di puncak. Untuk menimbulkan kecemburuan memang !

Jauh berbeda dengan multinational company ! karena biasanya seragam meeting sudah di drop. Untuk local company saya harus muter-muter matahari untuk mencari kostum untuk meeting. Pakaian meeting yang ditentukan tidak sesuai dengan style, tapi gapapa nambah koleksi ! narxiz !!!
Tidak seperti biasanya raker kali ini dimulai dengan hari minggu, extra ordinary ! dan seharian inilah sesi yang diberikan untuk jajaran saya. Ada banyak kekecewaan! Bagaiman tidak semua yang telah diberikan, training dsb ternyata belum begitu dipahami oleh team tak heran jadwal pun molor hingga memaksa kami pulang jam 9 malam. Itu pun masih dengan banyak catatan dan dianggap beberapa sudah lulus. Implementasinya ketika bulan –bulan mendatang ke cabang akan dicek benar mengenai apa yang telah disampaikan !

Positifnya dengan dimulainya hari minggu maka saya dapat cuti pengganti ! ya tanggal 26 libur saya bisa tambahkan di sana, lumayan jadi 4 hari free ! teapi bayangan tu sedikit pudar karena ternyata taggal 24 telah dishedulkan untuk ricek hasil raker khusus bagi jabotabek…meski demikian si bos sudah acc

Perjalanan raker masih berlajut ! dan sesi-sesi berikutnya adalah sesi sebagai ‘komentator’. Ada banyak hal yang harus benar-benar ditegaskan dan dicatat untuk kemudian terus dikejar ! ada banyak hal yang harus ditekankan sehingga team bisa dan MAU menjual produk saya…


0 komentar: